Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 4 No. 1 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMKN 2 KOTA BOGOR

Neneng Hermawati (SMK Negeri 2 Kota Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi Biaya Produksi di kelas XI TKPC SMK Negeri  2 Kota Bogor. (2) untuk menggambarkan proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi Biaya Produksi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Make a Match di kelas XI TKPC SMK Negeri  2 Kota Bogor. (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang materi Biaya Produksi setelah menggunakan model pembelajaran Make a Match di kelas XI TKPC SMK Negeri  2 Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match  dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di Kelas XI TKPC SMK Negeri  2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Make a Match  hasil belajar peserta didik hanya  memiliki nilai rata-rata 65.00, siklus pertama meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 76.00 meningkat lagi di siklus ke-dua dengan perolehan nilai atau hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 79.69, dan di siklus ke-tiga nilai rata-rata peserta didik meningkat lagi menjadi 85.16. Selain hasil belajar peserta didik yang meningkat, terjadi peningkatan aktivitas peserta didik dengan materi Biaya Produksi. Perolehan prosentase pada siklus pertama sebesar 56.57% (cukup aktif),  perolehan prosentase pada siklus ke-dua sebesar 78.75%  (aktif), dan perolehan prosentase pada siklus ke-tiga sbesar 94.06% (sangat aktif). Maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan aktivitas peserta didik dalam ketiga  siklus tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...