Penggunaan aplikasi Blender dalam pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah di Madrasah Pengajian menjadi suatu alternatif yang menjanjikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kegunaan aplikasi Blender dalam pemanfaatannya bagi guru untuk pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah untuk mengembangkan respon visual siswa Pengajian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini melibatkan 10 guru pengajar dan 4 orang siswa di Madrasah Pengajian di Bogor. Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi Blender sangat berguna dalam pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah. Aplikasi ini dapat memudahkan guru dalam membuat animasi 3D yang menarik dan interaktif, sehingga dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan mengembangkan respon visual mereka.
Copyrights © 2020