Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 1 No. 3 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

ANALISIS KEGUNAAN APLIKASI BLENDER DALAM PEMANFAATANNYA BAGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D VISUAL HURUF HIJAIYYAH TERHADAP RESPON SISWA PENGAJIAN

Tohir Solehudin (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penggunaan aplikasi Blender dalam pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah di Madrasah Pengajian menjadi suatu alternatif yang menjanjikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kegunaan aplikasi Blender dalam pemanfaatannya bagi guru untuk pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah untuk mengembangkan respon visual siswa Pengajian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini melibatkan 10 guru pengajar dan 4 orang siswa di Madrasah Pengajian di Bogor. Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi Blender sangat berguna dalam pengembangan media pembelajaran interaktif 3D tentang Huruf Hijaiyyah. Aplikasi ini dapat memudahkan guru dalam membuat animasi 3D yang menarik dan interaktif, sehingga dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan mengembangkan respon visual mereka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...