Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan cita-cita luhur bangsa Indonesia dan amanat Undang-Undang 1945. Tujuan umum penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan siswa, dan secara khusus persepsi guru tentang kecerdasan, faktor yang mempengaruhi kecerdasan siswa, dan pengembangan kecerdasan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data melalui waancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru di SMKN 13 Bandung: Kecerdasan siswa merupakan kemampuan siswa memecahkan masalah akademik maupun sosial siswa, setiap siswa memiliki perbedaan, dan tidak bisa diukur pada sesuatu bidang tertentu karena setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan siswa diantaranya: faktor bawaan, lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan dan proses pembelajaran. (3) Pengembangan kecerdasan siswa di SMKN 13 Bandung melalui bidang jurusan, program intakurikuler, dan program ekstrakurikuler menyalurkan minat dan bakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023