Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 4 No. 3 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS V SDN SINGGAHAN 01

chosita primadani (Universitas PGRI Madiun)
Dwi Rohman Soleh (Universitas PGRI, Madiun)
Siti Maro'ah (SDN Singgahan 01 Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SDN Singgahan 01 melalui implementasi model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian tindakan kelas dilakukan selama empat siklus dengan melibatkan 14 siswa. Model Discovery Learning mengubah materi tematik menjadi aktivitas eksplorasi mandiri dan kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Discovery Learning secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, motivasi, dan partisipasi siswa. Siswa menunjukkan antusiasme dan minat yang tinggi terhadap pembelajaran tematik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas V. Rekomendasi yang diusulkan adalah penerapan terus-menerus model ini dan penyesuaian materi tematik sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...