Siswa-siswi kelas 6 di MI Miftahul Ulum yang melaksanankan bimbingan belajar yang dilakukan setelah bel pulang berbunyi sampai jam 13.00 WIB. Dalam pelaksanaannya sendiri tidak selalu berjalan dengan lancar adanya beberapa siswa mengalami penurunan motivasi belajar karena merasa kelelahan karena jam istirahat berkurang. Menurut wali kelas 6 MI Miftahul Ulum jam tambahan yang panjang serta mengulas banyak soal latihan membuat siswa menjadi kurang antusias belajar. membuat media pembelajaran dengan menggunakan game edukasi yang dinilai lebih interaktif. Dalam pembuatan media pembelajaran peneliti menggunakan metode GDLC (Game Development Live Cycle) versi Heather Chandler yang memiliki metode pengembangan game yang memiliki tahapan-tahapan untuk menganalisa dan membangun game dengan siklus yang spesifik dan detail yang terdiri dari beberapa langkah dari tahap inisiasi, pra produksi, produksi, alpha testing, beta testing, dan peluncuran. Maka dari nilai UAT (User Acceptance Test) didapat nilai rata-rata dari semua aspek sebanyak 93% yang merasa hasil belajarnya dapat terbantu dengan adanya media pembelajaran berupa game berbasis android.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023