Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan faktor faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada peserta didik di kelas V SD Muhammadiyah 32 Kota Medan tentang kenekaragaman makhluk hidup. Jumlah peserta didik yang ada di kls V tersebut sebanyak 7 orang yang terdiri dari 4 laki laki dan 3 perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data adalah purposive analisis sampling dimana terdiri dari observasi, wawancara, dan kuisioner. Hasil penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 10 indikator dengan simpulan bahwa siswa yang ada di kelas V tersebut merasa kesulitan belajar dikarenakan kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan daya motorik anak sehingga anak akan cepat mudah bosan dalam mempelajari mahluk hidup. Hal ini juga ada kemungkinan karena adanya faktor eksternal seperti, tidak sarapan pagi dari rumah sehingga membuat anak anak menjadi tidak fokus karena kelaparan, adanya peran orangtua yang tidak mendukung, dan bermain main saat jam pelajaran berlangsung
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023