Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4 No 1 (2023): Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN 150 Baibo

Nadar Nadar (Unknown)
Saleha Saleha (Unknown)
Elihami Elihami (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA subtema peredaran darah sehat. Penelitian ini dilakukan di SDN 150 Baibo di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dirancang dengan menggunakan Pre-Experimental Design Pretest-Postest, yaitu desain yang hanya mencakup satu kelompok saja. Desain one group pretest and posttest ini dilakukan pada satu kelompok tanpa kelompok pendamping yang berjumlah 17 siswa. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari perolehan skor setelah melaksanakan pre-test dan tes akhir (post-test). sebesar 88,24% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 150 Baibo pada kelas IPA subtema peredaran darahku sehat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MGR

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah DasarĀ  dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Enrekang. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitianĀ  tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, ...