TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial
Vol 2, No 02 (2023): Vol. 02. No. 02 2023 (September)

PEGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rahma, Shadrina Aulia (Unknown)
Muzani, Muzani (Unknown)
Samadi, Samadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan model random sampling karena seluruh kelas xi ips sama tidak ad akelas unggulan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 69 siswa yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model problem based learning dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penilitian ini yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan dengan perolehan rata-rata dari 74,8 menjadi 86,9. Sedangkan kelas kontrol mengalami penurunan perolehan rata-rata dari 74,3 menjadi 72,3. Kesimpulan ini didukung dengan perolehan nilai sig pada uji-t sebesar 0,00 maka nilai sig<0,05. Ha menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang diterima dan Ho yang menyatakan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang ditolak. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keragaman BudayaIndonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TsN

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Tsaqifa Nusantara is an open-accessed journal served as a medium of publishing scientific articles by Department of Tadris IPS, Faculty of Education and Teacher Training UIN Sultan Syarif Kasim Riau. The articles, which are published by this journal are the outcomes of researches and the ...