Cakrawala Indonesia
Vol 8 No 1 (2023): Mei-Oktober

Bahasa Persuasif dalam Iklan Bisnis Online di Media Sosial

Yusmah Rhamadany (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Jumiati Lanta (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Aswadi Aswadi (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan bahasa persuasif dalam iklan bisnis online di media sosial yang meliputi karakteristik dan bentuk-bentuk bahasa persuasif dalam iklan bisnis online di media sosia. Kajian menggunkan pendekatan kualitatif dengan data berupa teks persuasif yang digunakan iklan dalam di media online. Data disajikan dengan menggunakan dua teknik yaitu reduksi data dan penyajian data. Sumber data ditentukan berdasarkan teknik purposif sampling. Berdasarkan hasil kajian penulis menemukan bahwa, semua karakteristik bahasa persuasif terdapat di setiap kalimat atau kata yang digunakan dalam iklan bisnis online. Sejumlah 63 data yang diperoleh, semua data memenuhi syarat karakteristik bahasa persuasif dan bentuk bahasa persuasif ada lima bentuk yaitu ajakan, perintah, meyakinkan, pertanyaan, dan menegaskan. Terdapat 8 data yang mengandung bahasa ajakan. Terdapat 4 data yang di temukan mengandung kalimat perintah. Terdapat 58 data yang menegaskan tantang produk. Hanya 2 data yang ditemukan mengandung kata tanya. Ditemukan 59 data mengandung kalimat meyakinkan. Dari hasil kajian, disimpulkan bahwa bentuk bahasa persuasif yang sering muncul dalam iklan bisnis online adalah bentuk meyakinkan, menegaskan, dan pertanyaan. Kata kunci: Bahasa persuasif, bisnis, media sosial, iklan online

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...