AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran celebrity worship pada dewasa awal penggemar musik K-pop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan observasi terhadapdua penggemar K-Pop.Seluruh responden berjenis kelamin perempuan dan berusia antara 21-25 tahun yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran celebrity worship berkaitan dengan reaksi emosi penggemar terhadap idolanya dimana subjek turut merasakan emosi yang dirasakan oleh idolanya, terkait pula dengan proses berpikir tentang idola yang mereka pahami, pikirkan, khayalkan, juga pendapat mereka mengenai idola mereka, serta perilaku sebagai penggemar yang terkait dengan hubungan parasosial dimana subjek rela menghabiskan uang untuk membeli barang-barang terkait idolanya, membuka foto idolanya ketika bosan di kelas, serta kecenderungan untuk selalu dekat dengan idolanya. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah dapat memberikan gambaran mengenai pemaafan khususnya dari sudut pandang ilmu Psikologi, sebagaimana pengalaman mengenai celebrity worship pada dewasa awal yang menggemari K-Pop. Kata kunci: Celebrity Worship, Dewasa Awal, Penggemar K-Pop. AbstractThis study aims to determine the description of celebrity worship in early adulthood K-pop music fans. The research method used in this study is qualitative research with a phenomenological approach. Data collection was carried out by interview techniques, and observations of two K-Pop fans. female sex and aged between 21-25 years selected by purposive sampling technique. The results show that the image of worship celebrities is related to fans' reactions to their idols where the subject also feels the emotions felt by their idols, is also related to the process of thinking about idols that they understand, understand, imagine, as well as their opinions about their idols, as well as related behavior as fans. with parasocial relationships where the subject is willing to pay money to buy things related to his idol, open photos of his idol when bored in class, and the tendency to always be close to his idol. Keywords: Celebrity Worship, Early Adults, K-Pop Fans.
Copyrights © 2023