Jurnal Pendidikan
Vol 31 No 1 (2022): March

BunSay : Pusat Literasi Berbasis Kreativitas Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kabupaten Sukoharjo

Jumiastuti, Erni (Unknown)
Hasanah, Fathimah Nur (Unknown)
Hidayah, Anisa Nur (Unknown)
Hartono, Hartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran teoritis dan praktis tentang implementasi pembelajaran melalui pusat keBun Saya untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini, yang akan dianalisis lebih lanjut. Alasan pemilihan strategi adalah kemampuan literasi anak masih rendah. Metode dalam penelitian ini adalah melalui pembelajaran pusat BunSay. Prosedur kerja yang dilakukan adalah dimulai deari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, foto/dokumentasi kegiatan. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan ? Anak yang   mendapat nilai ê3 dan ê4 X 100 % ? Jumlah anak dalam kelompok. Hasil dari pembelajaran melalui pusat BunSay ini adalah kemampuan literasi dan kreativitas anak berkembang sesuai harapan guru atau berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari jumlah anak yang memperoleh nilai BSH atau Berkembang Sangat Baik dari kondisi awal 3 anak menjadi 8 anak.  Beberapa kendala yang terjadi di lapangan antara lain faktor pemeliharan, keamanan, alam, dan pendanaan, sedangkan faktor yang mendukung adalah fasilitas lahan yang ada, kerjasama dari guru, pengalaman dan kemampuan guru. Tindak lanjut dalam menerapkan pembelajaran ini adalah adanya upaya perbaikan, fasilitas pendukung lainnya. Simpulan melalui pembelajaran bercerita di pusat BunSay dapat meningkatkan kemampuan bercerita berbasis kreativitas anak usia dini di TK Negeri Pembina Kabupaten Sukoharjo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...