Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kompetensi guru dalam menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example melalui penerapan supervisi akademik bagi guru kelas di SD Negeri 1 Panggang Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Tempat penelitian di SD Negeri 1 Panggang Jepara. Subjek penelitian adalah guru kelas 1,2, 3, 4, 5, dan 6 dengan jumlah 6 orang guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Tindakan yang dilakukan sebanyak dua kali dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi/pengamatan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan siklus I, dan siklus II dilanjutkan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik mampu membantu kepala sekolah meningkatkan motivasi dan kompetensi guru menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example, bagi guru kelas di SD Negeri 1 Panggang Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terlihat dari hasil penelitian dan pembahasan kondisi awal sampai siklus II. Nilai motivasi guru dalam menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan.
Copyrights © 2022