Sikap mandiri dan kritis sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Group Investigation berbantuan media diorama terhadap peningkatan sikap mandiri siswa, mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Group Investigation berbantuan media diorama terhadap berfikir kritis siswa, dan mendeskripsikan efektivitas secara simultan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media diorama terhadap peningkatan sikap mandiri dan berfikir kritis siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi-experimental dengan non equivalent post-test only control group design. Sampel penelitian ini yaitu 60 siswa yang terbagi atas 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dan dipilih melalui random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes essay yang datanya dianalisis secara kuantitatif dengan uji Manova dan Anova. Hasil penelitian membuktikan terdapat perbedaan sikap mandiri dan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar setelah dibelajarkan dengan model Group Investigation berbantuan media diorama. Dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation berbantuan media diorama efektif meningkatkan sikap mandiri dan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar.
Copyrights © 2023