Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 2 (2023): Juli 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berseting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Karma, I Wayan (Unknown)
Suma, Ketut (Unknown)
Astawan, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Rendahnya keterampilan siswa dalam berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir kritis berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah berseting kooperatif tipe STAD dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 256 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Belandingan yang berjumlah 24 orang, SD negeri Pingan A yang berjumbelah 24 orang, SD Negeri Pingan B yang berjumbelah 24 Orang dan siswa kelas V SDN 4 Sukawana yang berjumlah 24 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statitik inferensial (Uji ANAVA AB). Berdasarkan hasil analisis data, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berseting kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...