Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan tingkat penggunaan media sosial Instagram pada siswa siswi SMAK St. Ignatius Loyola, (2) menggambarkan relasi sosial pada siswa siswi SMAK St. Ignatius Loyola, dan (3) mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial Instagram dan relasi sosial siswa siswi SMAK St. Ignatius Loyola. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik korelasi. Subjek penelitian ini adalah 60 orang siswa siswi kelas X, XI, dan XII SMAK St, Ignatius Loyola, tahun ajaran 2022/2023 yang menggunakan Instagram. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Penggunaan Media Sosial Instagram yang memuat 41 item (index reliabilitas 0.938) dan kuesioner Relasi Sosial yang memuat 43 item (index reliabilitas 0.944). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kategorisasi dan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian, pertama, terkait penggunaan media sosial Instagram menunjukkan bahwa 19 orang (31,67%) pada kategori sangat tinggi, 34 orang (56.67) kategori tinggi, 6 orang (10%) kategori sedang), dan 1 orang (1,66%) kategori rendah. Kedua, terkait relasi sosial menunjukkan bahwa 24 orang (40%) pada kategori sangat baik, 27 orang (45%) pada kategori baik, 9 orang (15%) kategori cukup baik. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan media sosial instragram dan relasi social (r=0,379; taraf signifikansi 0.0030.05)
Copyrights © 2023