Kecamatan adalah instansi pemerintah yang bertanggung jawab langsung melayani dan berinteraksi dengan masyarakat. Sayangnya, banyak kecamatan yang tidak bisa memberikan pelayanan optimal karena sistem yang ada belum terkomputerisasi. Banyak kota daerah masih kekurangan alat pertukaran informasi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkomputerisasikan sistem pelayanan masyarakat dengan membangun sistem pelayanan masyarakat secara online yang nantinya akan diterapkan di kecamatan untuk membantu kabupaten dalam meningkatkan jangkauan dan pelayanan masyarakat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data observasi dan wawancara. Metode analisis sistem yang digunakan penulis adalah metode PIECES. Metode perancangan sistem yang digunakan oleh penulis adalah metode waterfall. Metode ini dipilih karena sistem yang akan dibangun sangat luas. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem informasi pelayanan administrasi berbasis website, yang nantinya dapat membantu dinas wilayah untuk menginformasikan kepada masyarakat dan memaksimalkan tenaga kerja dinas.
Copyrights © 2023