This study aims to determine the effect of extraversion personality on narcissistic behavior in social media moderated by social media engagement in early adulthood. This research design used quantitative methods with a total of 390 subjects consisting of social media users in the age range of 18-25 years in Bandung. The instruments used in this research are BFI (Big Five Inventory) which has been adapted by Reza, A (2015), the instrument of narcissism behavior based on seven aspects of narcissism from Raskin and Terry (1988), social media engagement as measured by Social Media Engagement Questionnaire (Przybylski et al., 2013). The data analysis technique used is Moderated Regression analysis (MRA) using SPSS version 25. This study shows the results of social media engagement as a moderating variable of extraversion personality on narcissistic behavior with a significant value of 0,192. Based on these results, it can be concluded social media engagement does not moderate the effect of extraversion on narcissistic behavior.Tujuan penelitian ini yakni mengetahui pengaruh kepribadian extraversion terhadap perilaku narsisme di media sosial yang dimoderasi social media engagement pada usia dewasa awal. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah subjek sebanyak 390 yang terdiri dari pengguna media sosial pada rentang usia 18 – 25 tahun di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni BFI (Big Five Inventory) yang telah diadaptasi oleh Reza, A (2015), instrumen perilaku narsisme berdasarkan tujuh aspek narsisme dari Raskin dan Terry, social media engagement diukur dengan menggunakan instrumen Social Media Engagement Questionnaire (Przybylski et al., 2013). Teknik analisis data yang digunakan yaitu  Moderated Regression analysis (MRA) menggunakan program SPSS versi 25. Penelitian ini menunjukkan hasil social media engagement sebagai variabel moderator pengaruh kepribadian extraversion terhadap perilaku narsisme dengan nilai signifikansi sebesar 0,192. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa social media engagement tidak memoderasi pengaruh kepribadian extraversion terhadap perilaku narsisme di media sosial.
Copyrights © 2022