Tujuan dari penelitian yaitu untuk menjelaskan dampak digital marketing terhadap brand awareness Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pangkalpinang. Secara lebih spesifik, tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengidentifikasi platform sosial media mana yang paling banyak digunakan oleh UMKM dalam memasarkan produknya secara digital dan pengaruhnya terhadap brand awareness, 2). Menilai dampak digital marketing terhadap brand awareness pada UMKM di Kota Pangkalpinang, dan 3). Mengidentifikasi tantangan implementasi digital marketing yang dihadapi UMKM di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan google form dalam pengumpulan data penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan digital marketing berdampak positif dalam menciptakan brand awareness bagi UMKM di Kota Pangkalpinang. Dimana Facebook merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh UMKM di Kota Pangkalpinang untuk memasarkan produknya. Sementara itu, tantangan utama yang dihadapi UMKM dalam menerapkan digital marketing adalah kurangnya sosialisasi dari pemerintah daerah mengenai manfaat penggunaan digital marketing bagi usaha atau bisnis. Sehingga diharapkan kedepannya lebih banyak lagi sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, baik melalui postingan sosial media maupun sosialisasi langsung yang diadakan di suatu tempat dengan mengundang UMKM sebagai peserta.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023