Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education
Vol 7, No 1 (2023)

PENINGKATAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERSUMBER DARI ALAM

Muh Nur Fuadi (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Nur Fadhilah (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Nurlina Jalil (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Pebi Pebrianti (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Tri Utami (UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat peningkatan kognitif pada anak usia dini. Kognitif mempunyai peranan penting dalam keberhasilan belajar anak karena aktifitas dalam belajar selalu berhubungan dengan masalah mengingat dan berpikir. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan melalui tes yang dilakukan disetiap pra siklus. Penelitian ini dilakukan dan dikembangkan dengan tujuan untuk melihat peningkatan kognitif anak melalui media pembelajaran yang bersumber dari alam. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peningkatan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran yang bersumber dari alam mengalami peningkatan terlihat dari persentase yang telah dilakuan melalui penelitian tindakan kelas dari pra siklus sampai tahap siklus II. Pada pra siklus hasil perolehan peningkatan kognitif anak belum mengalami peningkatan yang signifikan dibuktikan persentase nilai perkembangan sesuai tindakan berada pada kategori 0%, kategori mulai berkembang 15%. Pada perolehan siklus I didapatkan persentase kenaikan menjadi 85% dan pada tahap akhir siklus II meningkat menjadi 90%. Kata Kunci : Kognitif, Media Alam, Anak Usia Dini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alfitrah

Publisher

Subject

Education

Description

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) BengkuluJurnal ini berisi tentang pendidikan anak usia dini prespektif pendidikan islam. Jurnal ini telah memiliki ISSN : 2599-2287 (Print) dan ISSN : 2622-335X ...