Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam Analisis Manajemen Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Meningkatkan Perkembangan Siswa Pada PAUD Tunas Bangsa Kota Bengkulu. Metode penelitian adalah kualitatif, dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis penelitian melalui collecting data, reducing data, displaying data, dan conclusing data. Temuan penelitian menunjukkan (1) manajemen kelas indoor di PAUD Tunas Bangsa Kota Bengkulu telah mendukung penegakan disiplin siswa. Hal ini dapat dilihat dari penataan tempat duduk, dinamika kelompok, penciptaan ruang kelas yang nyaman. (2) manajemen kelas outdoor di PAUD Tunas Bangsa Kota Bengkulu juga ikut mendukung penegakan disiplin belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan penataan sarana prasarana yang menekankan keamanan, kenyamanan, dan kualitas. Adapun hambatan manajemen kelas indoor ialah kurangnya alat peraga sehingga pembelajaran tidak dapat optimal, kurangnya minat anak dengan kegiatan yang telah didesain oleh guru. Hambatan dalam manajemen kelas outdoor ialah terjadinya kecelakaan dan berebut permainan.
Copyrights © 2023