Journal of Comprehensive Science
Vol. 2 No. 7 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS)

Implementasi Pengelolaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Mi Terpadu Al-Madani Margorejo Pati

Abdul Mu’iz, Muhammad (Unknown)
Irvan Maulana, Muh (Unknown)
Zunan Firmannur, Maulana (Unknown)
Kusmawati, Heny (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, dan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran berbasis kurikulum mandiri di MI Terpadu Al-Madani. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap-tahap implementasi kurikulum merdeka di MI Terpadu Al-Madani dilakukan dalam 4 langah: 1) Melakukan sosialisasi terkait kurikulum merdeka, serta guru harus memahami konsep-konsep dasar yang harus dikuasai dalam kurikulum merdeka. 2) Memotifasi guru-guru untuk mempelajari secara mandiri tentang kurikulum merdeka dan mengikutsertakannya dalam pelatihan-pelatihan atau sejenisnya. 3) Mempersiapkan administrasi pembelajaran berupa buku ajar, perlengkapan pendidikan, administrasi kelas dan administrasi gurunya. 4) Penilaian atau assesmen dalam kurikulum merdeka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts ...