Sinar Sang Surya: Jurnal Pusat Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 7, No 2 (2023): Agustus 2023

Pendampingan Pembuatan Video Animasi 2D Legenda “The Origins of Lampung City” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas X Upaya Penerapan Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal

Oki Arifin (Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Lampung)
Khusnatul Amaliah (Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Lampung)
Yusep Windhu Ari Wibowo (Pengelolaan Perhotelan, Politeknik Negeri Lampung)
Andri Febriyadi Putra (Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Lampung)
Ketut Putri (Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Lampung)
Vina Lupitasari (Pengelolaan Perhotelan, Politeknik Negeri Lampung)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

ABSTRAK Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema Program Perberdayaan Masyarakat (PBM) dengan melibatkan mitra yaitu SMA PGRI Katibung yang merupakan salah satu sekolah penggerak jenjang SMA yang berlokasi di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan mendukung penerapan Kurikulum Merdeka yang berbasis kearifan lokal di wilayah Provinsi Lampung pada mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai upaya meningkatkan budaya literasi manuskrip nusantara siswa. Media pembelajaran berupa video animasi 2D yang mengangkat kisah legenda asal-usul Lampung dan dikemas dalam bahasa Inggris agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris sekaligus memperkenalkan kearifan lokal Lampung. Masalah utama dalam PKM ini yaitu pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi tidak maksimal sehingga menghambat penyampaian informasi dari guru kepada siswa terutama dalam pembentukan karakter materi pokok narrative text dan penanaman nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita. Kemudian siswa kurang memiliki budaya literasi terhadap naskah-naskah nusantara. Metode Pembelajaran yang digunakan adalah 1) Edukasi dan pelatihan, 2) Diskusi dan ceramah, dan 3) Pendampingan pembuatan video animasi 2D. Kegiatan PKM yang dilakukan telah menghasilkan video animasi 2D sebagai penerapan media pembelajaran berbasis teknologi telah dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung penyampaian materi narrative text. Kegiatan pendampingan memberikan tambahan pemahaman dalam pemanfaatan gadget yang dimiliki sebagai alat yang dapat digunakan untuk membuat sebuah animasi 2D yang dapat membantu dalam pembuatan media Pembelajaran digital secara mandiri.Kata Kunci: Animasi 2D, Kurikulum Merdeka, Media Pembelajaran ABSTRACTCommunity Service Activities (CSA) with the Community Empowerment Program (CEP) scheme involving partners, namely SMA PGRI Katibung, which is one of the driving schools for the high school level located in Tarahan Village, Katibung District, South Lampung Regency, Lampung. This CSA activity aims to develop effective learning media and support the implementation of the Independent Curriculum based on local wisdom in the Lampung Province region in English subjects as an effort to improve students' Indonesian manuscript literacy culture. The learning media is in the form of a 2D animated video that depicts the legendary story of the origins of Lampung and is packaged in English to improve students' English language skills while introducing Lampung's local wisdom. The main problem in this PKM is that the use of technology-based learning media is not optimal, thereby hampering the delivery of information from teachers to students, especially in character-building on the main material of narrative texts and instilling moral values contained in stories. Then students lack a culture of literacy towards Indonesian manuscripts. The learning methods used are 1) Education and training, 2) Discussions and lectures, and 3) Assistance in making 2D animation videos. The CSA activities carried out have produced 2D animated videos as an application of technology-based learning media that can be utilized optimally to support the delivery of narrative text material. Mentoring activities provide additional understanding of the use of gadgets owned as tools that can be used to create 2D animations which can help in creating digital learning media independently.Keywords: 2D Animation, Independent Curriculum, Learning Media

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sinarsangsurya

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Environmental Science Physics

Description

Focus and Scope of the articles published in SINAR SANG SURYA: Journal of Research-based Community Service such as Community Empowerment, Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development. The partner community can be in the form of productive ...