Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 1: Agustus 2023

Kontribusi Spiritualitas Dalam Meningkatkan Etos Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Menteng Atas 14 Jakarta Selatan

Abdillah Syukur, Taufik (Unknown)
Istiqomah, Aulia (Unknown)
Qistilani, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2023

Abstract

Peran nilai-nilai spiritual dalam meningkatkan semangat belajar siswa, hendaknya menjadi kesadaran siswa dalam mengamalkan setiap pembelajaran yang diberikan dari sekolah. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi, dan menganalisis kontribusi spiritualitas dalam meningkatkan etos belajar siswa SDN Menteng Atas 14 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek-aspek spiritualitas berkontribusi dalam meningkatkan etos belajar siswa baik aspek terbuka, empati/peduli, objektif, tanggung jawab, komitmen tinggi, dan mandiri. Adapun kontribusi spiritualitas yang paling dominan dalam meningkatkan etos belajar siswa adalah aspek tanggung jawab. Hal itu dapat dilihat dari usaha siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh orang tua maupun guru dengan cepat dan tuntas, juga dengan hati yang ikhlas, tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sasana

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Agama Islam yang diterbitkan oleh Bangun Harapan Bangsa. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran kritis tentang Pendidikan Islam. ...