Tingginya turnover intentions guru karena lembaga PAUD di Kecamatan Tambang kurang memperhatikan kompetensi dan komitmen organisasi tenaga pendidik yang bergabung hingga membuat tingginya angka turnover guru mendorong timbulnya keinginan untuk keluar dalam lembaga pendidikan. Meningkatnya turnover guru dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kompetensi dan komitmen guru dalam menjalankan tanggung jawabnya di lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan komitmen organisasi terhadap turnover intention guru PAUD Se-Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sebanyak 117 orang guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis hipotesis, analisis persamaan struktural serta analisis jalur menggunakan smart PLS. Berdasarkan hasil analisis dapat dikatakan bahwa kompetensi memiliki pengaruh terhadap turnover intention pada guru PAUD se-Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar serta komitmen organisasi tidak memiliki pengaruh terhadap turnover intention pada guru PAUD se-Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.
Copyrights © 2023