Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 4 (2023)

Pemanfaatan Media Miniatur dalam Pemerolehan Bahasa Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)

Heny Sulistyowati (Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang)
Diana Mayasari (Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang)
Susi Darihastining (Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang)
Muh Fajar (Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang)
Siti Maisaroh (Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang)
Chalimah Chalimah (Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Anak ADHD mengalami gangguan perkembangan yang kompleks. Gangguan perkembangan  itu berupa komunikasi, interaksi sosial, perilaku, emosi, dan sensoris. Kondisi anak ADHD sangat berbeda dengan anak normal sehingga membutuhkan waktu dan durasi dalam pemerolehan bahasa. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan media pembelajaran miniatur dapat digunakan untuk memusatkan dalam proses belajar mengajar. Fokus permasalahan berupa pemerolehan fonologi nama buah dan hewan dengan menggunakan miniatur sebagai media. Metode penelitian deskriptif kualitatif dipilih oleh peneliti untuk mengetahui bagaimana pemerolehan ujaran anak ADHD dengan menggunakan media miniatur sebagai media pemerolehan bahasa. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak ADHD. Pengumpulan data dilakukan dengan langkah observasi, penentuan objek, perekaman, transkripsi data. Hasil penelitian ini dengan menggunakan media media miniatur dapat membantu anak ADHD dalam pemerolehan bahasa khususnya fonologi walaupum masih dipengaruhi faktor lingkungan keluarga menggunakan bahasa Jawa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...