Penelitian ini betujuan untuk dan mendeskripsikan pengaruh teknik PREP dalam memahami Teks Eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kandis Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data tes yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 30 soal dengan alternatif a, b, c, d. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil dalam memahami teks eksplanasi antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rerata tes awal kelas eksperimen 41.25 dan tes akhir 73.36. Nilai rerata tes awal kelas kontrol 48,61 dan tes akhir 60,52. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yakni 73.36>60.52, menunjukan t hitung 4.178 lebih tinggi dari t tabel (0.685) dengan derajat keabsahan 23 (df 23) pada taraf signifikasi probability dibawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini berarti Ho ditolak, dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan siswa dalam memahami teks eksplanasi siswa yang di ajar menggunakan Teknik Prep dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran saintifik.Â
Copyrights © 2023