Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi literasi keuangan pada young adult yang berumur 18-22 tahun dari berbagai macam latar belakang pendidikan. Metode analisis deskriptif digunakan untuk mengamati literasi keuangan dalam kelompok ini. Partisipan penelitian berjumlah 331 orang. Seluruh responden menjawab 17 pertanyaan yang terbagi ke dalam 3 dimensi, yaitu dimensi keterampilan finansial dengan 5 pertanyaan, sikap finansial yang berjumlah 7 pertanyaan, dan pengetahuan finansial dengan jumlah pertanyaan sebanyak 5 item. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa young adult telah memiliki sikap finansial dan keterampilan finasial yang baik akan tetapi mereka memiliki pengetahuan keuangan yang terbatas sehingga menjadikan literasi keuangan mereka kurang baik. Hasil penelitian ini akan berguna bagi Universitas dan Pemerintah untuk mengevaluasi kurikulum yang diberikan baik di Program studi Akuntansi, Manajemen dan Keuangan maupun Program Studi non keuangan. Dengan memahami temuan ini, langkah-langkah perbaikan dapat diambil untuk meningkatkan literasi keuangan young adult. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan young adult menghadapi tantangan-tantangan keuangan yang mungkin muncul di masa depan, sehingga mendorong terciptanya generasi yang lebih siap secara finansial.
Copyrights © 2023