Jurnal Doktor Manajemen (JDM)
Vol 6, No 2 (2023): SEPTEMBER 2023

Literasi Keuangan Young Adult di Era Ekonomi Digital

Dwi indah Lestari (Universitas Jenderal Achmad Yani)
Ifan Wicaksana Siregar (Universitas Jenderal Achmad Yani)
Eka Yulianti (Universitas Jenderal Achmad Yani)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi literasi keuangan pada young adult yang berumur 18-22 tahun dari berbagai macam latar belakang pendidikan. Metode analisis deskriptif digunakan untuk mengamati literasi keuangan dalam kelompok ini. Partisipan penelitian berjumlah 331 orang. Seluruh responden menjawab 17 pertanyaan yang terbagi ke dalam 3 dimensi, yaitu dimensi keterampilan finansial dengan 5 pertanyaan, sikap finansial yang berjumlah 7 pertanyaan, dan pengetahuan finansial dengan jumlah pertanyaan sebanyak 5 item. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa young adult telah memiliki sikap finansial dan keterampilan finasial yang baik akan tetapi mereka memiliki pengetahuan keuangan yang terbatas sehingga menjadikan literasi keuangan mereka kurang baik. Hasil penelitian ini akan berguna bagi Universitas dan Pemerintah untuk mengevaluasi kurikulum yang diberikan baik di Program studi Akuntansi, Manajemen dan Keuangan maupun Program Studi non keuangan. Dengan memahami temuan ini, langkah-langkah perbaikan dapat diambil untuk meningkatkan literasi keuangan young adult. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan young adult menghadapi tantangan-tantangan keuangan yang mungkin muncul di masa depan, sehingga mendorong terciptanya generasi yang lebih siap secara finansial. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Doktor Manajemen JDM() adalah sebuah jurnal Ilmiah bagi para tenaga kependidikan dosen, professional, mahasiswa, dan mitra bebestari yang ingin menuangkan hasil karya ilmiahnya, berdasarkan penelitian ilmiah, dimana didalamnya mencakup keilmuan bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran, ...