PIONIR: Jurnal Pendidikan
Vol 12, No 2 (2023): PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN

PERKULIAHAN MICROTEACHING MENUJU KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS MAHASISWA

AZIZ NURI SATRIYAWAN (SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH TEMPURREJO NGAWI)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Dalam rangka memupuk kemampuan calon pendidik baik pengetahuan maupun keterampilan serta mempersiapkan generasi bangsa menuju merdeka belajar, diperlukan konsep perkuliahan perihal Microteaching, guna untuk mengembangkan dasar mengajar dan pengelolaan kelas, karena ini adalah bekal bagi calon guru sebelum terjun kedunia sekolah. Dengan adanya kurikulum merdeka, para calon pendidik diharapkan mampu memberikan inovasinya dalam rangka menerapkan kurikulum tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam mengajar. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen penilaian menggunakan rubrik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Penelitian ini dilaksanakan di STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi pada Program Studi PGMI tahun akademik 2021/2022. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam yang berjumlah tujuh orang dengan mata kuliah microteaching. Sedangkan hasil penelitian adalah 1) Perencanaan dengan nilai 79, 2) Penguasaan materi dengan nilai 76, 3) Strategi pembelajaran dengan skor 80, 4) Media pembelajaran dengan nilai 75, 5) Evaluasi pembelajaran dengan skor 76, dari keseluruhan instrumen penilaian ini dapat diambil rata rata adalah dengan skor 77 dan masuk kriteria BAIK.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pionir

Publisher

Subject

Other

Description

PIONIR: Journal of Education is an open-access Education scientific journal managed by the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) Faculty of Tarbiyah and Teaching Ar-Raniry State Islamic University (UIN) Banda Aceh. PIONIR: Educational Journal is a forum for researchers and ...