Penelitian yang telah dilakukan di Suarga Padang – Padang Resort bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme kerja room attendant untuk peningkatan pelayanan tamu, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan housekeeping department dalam upaya peningkatan pelayanan tamu, untuk mengetahui peluang dan ancaman housekeeping department dalam upaya peningkatan pelayanan tamu di Suarga Padang – Padang Resort. Untuk mengetahui profesionalisme kerja room attendant di Suarga Padang – Padang Resort, penulis melakukan penelitian dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode SWOT, untuk mengumpulkan data dilakukan wawancara, observasi serta dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengolahan data menggunakan matriks SWOT menghasilkan empat strategi yaitu SO, WO, ST, WT yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme kerja room attendant dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan. Beberapa saran yang dapat dilakukan oleh room attendant maupun pihak manajemen Suarga Padang – Padang yaitu dengan membuat SOP tertulis, penambahan jumlah room attendant, memprogramkan sertifikasi kompetensi serta melakukan konfirmasi fasilitas kamar maupun fasilitas resort saat tamu melakukan reservasi.
Copyrights © 2023