Edu Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Vol 7, No 3 (2023): Juli-September

Mengulas Hakikat Manusia serta Implikasinya dalam Pendidikan Islam

Winata, Fatma Ayu (MAN 2 DELI SERDANG)
Aisyah, Nurul (Unknown)
Amalia, Dinda (Unknown)
Aman Dasopang, Akhirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman yang mendalam tentang hakikat manusia dalam Islam dan menganalisis implikasinya dalam konteks pendidikan. Metode studi pustaka digunakan untuk melakukan pencarian, pemilihan, dan analisis terhadap literatur yang relevan, seperti buku dan jurnal, yang berkaitan dengan pemahaman hakikat manusia dalam pendidikan Islam. Data yang terkumpul dianalisis secara kritis dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif.Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman hakikat manusia dalam Islam memiliki dampak signifikan dalam konteks pendidikan. Pendidikan Islam yang berpusat pada hakikat manusia dapat membantu individu mencapai potensi penuh mereka dan menjadi anggota masyarakat yang berkontribusi secara positif. Implikasi ini memerlukan perhatian yang lebih besar dalam perencanaan kurikulum, metode pengajaran, dan pembinaan pendidik agar pendidikan Islam dapat efektif dalam membentuk individu yang berkualitas, berakhlak mulia, dan berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat.

Copyrights © 2023