Kemampuan koneksi matematis sangat perlu dikuasai siswa, namun kemampuan siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII dalam memecahkan soal materi statistika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 5 Bantan kepada 22 siswa. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling yaitu tiga siswa dimana dipilih satu siswa pada setiap kategori dan indikator kemampuan koneksi matematika. Adapun instrumen yaitu berupa tes kemampuan koneksi matematis pada materi statistika. Data yang diambil berupa hasil tes tertulis siswa dan hasil wawancara siswa yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) terdapat sebelas siswa yang mendapatkan kategori tinggi, tujuh siswa termasuk dalam kategori sedang, dan empat siswa berkategori rendah; 2) siswa yang memiliki kemampuan rendah kesulitan dalam menyelesaikan soal karena siswa belum mampu menghubungkan antar konsep matematika, siswa juga belum mampu mengkorelasikan matematika dengan ilmu lain, dan siswa juga belum bisa mengaplikasikan matematika pada kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2023