Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hambatan belajar (Learning Obstacles) yang dialami siswa di SD Negeri 32 Palembang. Jenis hambatan belajar yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah hambatan ontogenik, hambatan didaktis, dan hambatan epistemologis. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan instrumennya berupa tes pada materi pengukuran sudut, analisis materi, analisis bahan ajar, analisis RPP dan wawancara. Hambatan belajar diperoleh dengan menganalisis hambatan belajar yang dialami siswa dilihat dari 4 (empat) yaitu tes diagnostik hambatan belajar, aspek analisis bahan ajar, analisis RPP, dan wawancara dengan guru kelas dan siswa. Hasil penelitian ini menemukan hambatan belajar dikategorikan menjadi 3 jenis, yaitu hambatan ontogenik, hambatan didaktis, dan hambatan epistemologis. Jenis hambatan belajar yang dialami siswa adalah kurangnya penguasaan konsep dasar materi dan kesulitan dalam memecahkan masalah yang merupakan hambatan ontogenik, hambatan didaktis, terkait dengan perangkat pembelajaran yang digunakan guru, dan hambatan epistemologis, yaitu keterbatasan konteks pemahaman yang dimiliki siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023