Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 8 No 3 (2023): Volume 8 Nomor 3, Agustus 2023

Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Fipper Ngagel Surabaya Metode CSI dan IPA

Sari, Bella Wati Novita (Unknown)
Iriani, Iriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Fipper adalah salah satu brand terkenal sandal di Indonesia. Namun seiring banyaknya cabang yang ada seringkali tidak memperhatikan kualitas pelayanan yang diduga berdampak pada kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen pada kualitas pelayanan yang dirasakan konsumen. Jenis penelitian Kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Kuesioner disebarkan sebanyak 100 kuisioner dan 97 responden sebagai sampel. SPSS 17 digunakan dalam pengujian validitas. Skala likert digunakan mengukur jawaban responden. Hasilnya Kategorisasi CSI atau Customer Satisfaction Index ada rentang presentase kepuasan yaitu 100% - 81% sangat puas, 80,99% - 66% puas, 65,99% - 51% cukup puas, 50,99% - 35% kurang puas, 35,99% - 0% tidak puas. Pada penelitian ini  data menghasilkan CSI 65,598% pada pelayanan Fipper Ngagel Surabaya yang artinya cukup puas tetapi perusahaan dapat memaksimalkan lagi agar menjadi sangat puas dengan mengecek elemen perusahaan yang berhubungan dengan pelayanan. Dalam analisis Importance Performance Analysis (IPA) untuk dijadikan patokan perbaikan system perusahaan maka dapat memperioritaskan hal ini yaitu  Atribut yang ada pada kuadran C. Atribut yang ada pada kuadran C adalah Menyediakan tempat duduk yang memadai, Penampilan staff Fipper Ngagel yang rapi dan berseragam , Fipper Ngagel mempunyai ketersediaan stock yang lengkap , Penataan display yang tertata rapi dan mudah dijangkau.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...