Era new normal dan tuntutan Kurikulum 2013 menuntut adanya perangkat pembelajaran untuk menunjang proses belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: analyze, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang ahli (materi, media dan desain pembelajaran), 2 orang praktisi (guru geografi kelas XI), dan 64 orang. Instrumen penelitian mencakup lembar penilaian media, desain pembelajaran yang ditujukan untuk penilai ahli,  kuesioner kepraktisan untuk guru dan tes hasil belajar untuk siswa. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif untuk uji validitas dan kepraktisan, sedangkan statistik inferensial dengan uji t untuk uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan terkategori sangat valid, sangat praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini berimplikasi pada diarahkannya guru-guru untuk menggunakan e-LKPD dalam mata pelajaran Geografi untuk meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran. Selain itu juga sebagai rujukan bagi pengambil kebijakan dalam pendidikan khususnya di era new normal ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023