Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 6 No. 2 (2023): Agustus

Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berpendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Geografi

Ni Made Devi Andriani Putri (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Putu Sriartha (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Nengah Suastika (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Era new normal dan tuntutan Kurikulum 2013 menuntut adanya perangkat pembelajaran untuk menunjang proses belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: analyze, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang ahli (materi, media dan desain pembelajaran), 2 orang praktisi (guru geografi kelas XI), dan 64 orang. Instrumen penelitian mencakup lembar penilaian media, desain pembelajaran yang ditujukan untuk penilai ahli,  kuesioner kepraktisan untuk guru dan tes hasil belajar untuk siswa. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif untuk uji validitas dan kepraktisan, sedangkan statistik inferensial dengan uji t untuk uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan terkategori sangat valid, sangat praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini berimplikasi pada diarahkannya guru-guru untuk menggunakan e-LKPD dalam mata pelajaran Geografi untuk meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran. Selain itu juga sebagai rujukan bagi pengambil kebijakan dalam pendidikan khususnya di era new normal ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...