Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti Android belum banyak dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran. Kebanyakan guru dan siswa hanya menggunakan android untuk membuka jejaring sosial atau game. Tentunya kemajuan teknologi seperti android dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran desain grafis kelas X. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem media belajar ini adalah agile. Metode ini melalui beberapa tahapan yaitu plan, design, develop, test, deploy, review dan launch. Dalam pengujiannya melalui beberapa tahapan yaitu ahli media; ahli desain; dan ahli materi, dengan nilai pengujian yang dilakukan oleh ahli: ahli media (78,30), ahli desain (78), dan ahli materi (80 dengan kriteria kelayakan Baik. Pengujian pada siswa: skala individu (80), skala kecil (80,05), dan skala lapangan (80,5) dengan kriteria Baik Sangat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android ini baik dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran desain grafis di kelas X.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023