Hijri
Vol 12, No 2 (2023): HIJRI

PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AT-TANWIR METRO (SETINGKAT SMP)

Adawiyah, Robiatul (Program Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta)
Rifa'i, Andi Arif (Program Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2023

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu kunci kedudukan dalam pendidikan. Kurikulum merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran dari semua mata pelajaran dan jenjang pendidikan. Dalam kuruikulum terdapat empat komponen yaitu tujuan, materi/isi, proses belajar mengajar, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : penerapan kurikulum 2013 di pondok pesantren dan komponen kurikulum 2013 pada pondok pesantren muhammadiyah at-tanwir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi khusus. Adapun lokasi penelitian ini adalah Pondok Pesantren Muhammadiyah At-Tanwir Metro setingkat SMP. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan wawancara, mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan prosudur : mengumpulkan data, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) kurikulum yang digunakan merupakan kombinasi dari kurikulum 2013 dan kurikulum kepondokan, (2) perencanaan kurikulum diwujudkan dalam penentuan tujuan, isi kurikulum dan penguatan struktur dan muatan pembelajaran, (3) pengimplementasian kurikulum di pondok pesantren, (4) evaluasi pada pondok pesantren belum teratur dilaknakan karena baru berdirinya Pondok Pesantren Muhammadiyah At-Tanwir Metro

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hijri

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal manajemen Kependidikan dan Keislaman is a peer-reviewed scientific periodical journal published by the Department of Islamic Education Management the Faculty of Tarbiyah Science and Teacher Training, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. This journal is dedicated to publish ...