Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pengembangan kompetensi ASN melalui Sista Praja pada Pelatihan PBJP Level-1 yang ditinjau dengan teori pendekatan efektivitas menurut S.B. Hari Lubis (2011), yaitu pendekatan sumber, pendekatan proses, dan pendekatan sasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Sista Praja Pelatihan PBJP Level-1 belum sepenuhnya efektif. Organisasi berupaya bekerja sama untuk memperoleh berbagai sumber yang dibutuhkannya. Sista Praja juga memberikan kesempatan yang luas untuk aparatur melakukan pengembangan kompetensi 20 Jam Pelajaran/Tahun walaupun pada prosesnya terdapat kelebihan dan kekurangan komitmen pribadi peserta dalam melaksanakan pembelajaran mandiri. Dalam sasarannya, persentase kelulusan peserta pelatihan mengikuti uji kompetensi belum mencapai seratus persen dikarenakan soal yang dirasa sulit, tidak ada praktik, dan kurangnya waktu peserta dalam memahami materi. Di sisi lain, pesentase tersebut diatas rata-rata dan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ke dalam pekerjaannya
Copyrights © 2023