Penyelenggaraan Pelayanan Publik dapat dilakukan oleh Badan Pengusahaan yang dibentuk berdasarkan peraturan-perundang-undangan. Kota Batam sebagai daerah yang termasuk kepada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas memiliki keistimewaan sebagai daerah Free Trade Zone. Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan bebas menyebabkan penyelenggaraan pelayanan publik juga dilakukan oleh Badan Pengusahaan Batam (BP Batam). Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan perizinan yang dilakukan oleh Badan Pengusahaan Batam dengan menggunakan sistem Indonesian Batam Online Single Submission (IBOSS). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif agar dapat menggambarkan kualitas pelayanan perizinan BP Batam dari lima dimensi yang digunakan peneliti yaitu tangible (berwujud), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Dari hasil penelitian dilapangan, peneliti menyimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh BP Batam sudah baik apalagi dengan penggunaan sistem IBOSS yang dapat memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan perizinan
Copyrights © 2023