Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Pengembangan Media Video Pembelajatan Menggunakan Powtoon pada Materi Perubahan Lingkungan

Mutiaraziom Susanti (Universitas Negeri Padang)
Abdul Razak (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Proses pembelajaran Biologi di SMAN 1 Enam Lingkung masih didominasi oleh guru yang kurang dalam memanfaatkan bahan ajar serta kurangnya kemandirian peserta didik dalam belajar. Hal ini disebabkan tidak tersedianya media belajar yang mampu meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran menggunakan powtoon pada materi perubahan lingkungan SMA yang valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan IDI (Instrucsional Development Institute). Pengembangan model IDI menerapkan prinsip-prinsip pendekatan sistem, yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop) dan penilaian (evaluate). Hasil validasi media video pembelajaran ini memiliki rata-rata sebesar 87,7% oleh dosen Biologi FMIPA UNP dan guru SMAN 1 Enam Lingkung yang dikategorikan sebagai kategori valid. Hasil praktikalitas media video pembelajaran rata-rata (88,4%) oleh guru dan (93,7%) oleh peserta didik. Dari hasil tersebut dikatakan bahwa media video pembelajaran menggunakan powtoon tentang materi Perubahan Lingkungkan SMA memenuhi kategori valid.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...