Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Improving Pupils’ Reading Comprehension by using Whole Brain Method and Motivation of Reading

Kamiliyah Kamiliyah (PGRI Palembang University)
Indawan Syahri (PGRI Palembang University)
Artanti Puspitasari (PGRI Palembang University)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan pengaruh Whole brain method dan motivasi siswa dalam pemahaman membaca. Penelitian ini menggunakan metode desain faktorial 2x2 (dua per dua). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 06 Palembang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 103 siswa. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa yang dibagi menjadi empat kelompok (2 kelas). Mereka adalah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 12 siswa yang memiliki motivasi membaca tinggi dan 8 siswa yang memiliki motivasi membaca rendah; dan 20 siswa sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 7 siswa yang memiliki motivasi membaca tinggi dan 13 siswa yang memiliki motivasi membaca rendah. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes tertulis dengan soal pilihan ganda yang dianalisis dengan menggunakan uji-t dan Anova dua jalur. Sementara itu, hasil uji ANOVA dua arah menunjukkan bahwa tidak ada interaksi yang terlihat antara strategi seluruh otak dan motivasi siswa dalam membaca pemahaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...