JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 16, No 2 (2023): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 16 Nomor 2 Agustus

STUDI META-ANALISIS: PENGARUH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Purnamasari, Sinta (Universitas Pendidikan Indonesia)
Turmudi, Turmudi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Juandi, Dadang (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari studi meta-analisis ini adalah untuk menyelidiki dampak keseluruhan dari penerapan pendekatan RME pada kemampuan siswa SMP untuk memecahkan masalah matematika dan menentukan tingkat variasi antar studi. Hasil pencarian database Google Scholar mengungkapkan 19 artikel yang sesuai untuk inklusi. Analisis dengan Software Comprehensive Meta-Analysis, dan model estimasi efek acak digunakan untuk mengevaluasi ukuran efek indeks dari nilai Hedges-g. Temuan studi mengungkapkan bahwa penggunaan RME memiliki ukuran efek total 1.516 pada kemampuan siswa untuk pemecahan masalah matematis. Artinya, Penggunaan RME memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan siswa SMP dalam menjawab soal masalah matematika. Berdasarkan analisis tingkat variasi studi, terungkap bahwa perbedaannya signifikan dalam hal tahun penelitian (Qb=46,751; p<0,05), tingkat kelas (Qb=20,493; p<0,05), kapasitas kelas RME (Qb=35,880; p<0,05), dan demografi siswa (Qb=11,754; p<0,05). Ditemukan bahwa variabel tipe publikasi (Qb=0,003; p>0,05), dan status keterbantuan teknologi (Qb=0,258; p>0,05) tidak mengubah effect size penggunaan RME terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa RME lebih efektif diterapkan pada tahun 2022-2023, di kelas VIII, kapasitas kelas RME adalah 31 atau lebih, dan diterapkan di Pulau Sumatera atau Pulau Jawa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Realistic Mathematics Education (RME), Meta-analisis 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...