MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Peran Komunikasi Antarpribadi Orangtua dan Anak Usia 3-6 Tahun dalam Menumbuhkan Minat Baca di Era Digital

Suraya suraya (Unknown)
Radik Sahaja (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan dan menganalisis tahapan proses komunikasi antarpribadi orangtua dan anak usia 3-6 tahun dalam upaya menumbuhkan minat baca di era digital. Di masyarakat modern tak jarang karena kesibukan sehari-hari yang berkutat dengan teknologi membuat orangtua jarang melakukan komunikasi dengan buah hati. Anak usia dini 3-6 tahun pun terpapar radiasi gawai. Proses komunikasi antarpribadi berdasarkan Mark Knapp dapat dilihat ke dalam tiga bagian besar. Pada dasarnya di era digital seperti sekarang kemampuan literasi baru harus dimiliki oleh setiap individu dengan fondasi literasi lama yang salah satunya adalah membaca. Hasil data beberapa institusi menggambarkan masih rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia. Periode emas yang dimiliki oleh anak usia dini sudah seharusnya diisi dengan aktivitas positif agar membentuk karakter dan pribadi unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Terdapat enam pasang orangtua-anak sebagai informan dalam penelitian ini. Mereka belum sepenuhnya melakukan komunikasi antarpribadi dalam rangka menumbuhkan minat baca menggunakan buku cerita. Secara keseluruhan, terdapat komunikasi yang efektif pada tahapan proses komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh orangtua guna mengupayakan menumbuhkan minat baca anak di era digital.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...