MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

PENGELOLAAN ETIKA PESAN AKUN @LAMBE_TURAH DALAM KEHIDUPAN ARTIS

Chitra Ayu Nadya (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang sedang menjadi industri baru. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, tidak lagi untuk mengetahui berita-berita yang ada di luar sana, tetapi seringkali Instagram digunakan untuk urusan bisnis, sehingga pesan yang disampaikan juga harus menggunakan etika yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan etika pesan yang dilakukan @Lambe_Turah di Instagram nya dalam kehidupan artis. Menggunakan teori tindakan sosial Max Weber, penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode studi kasus. Peneliti menggunakan wawancara mendalam dengan salah satu informan ahli media sosial di Indonesia dan mengamati konten Instagram @Lambe_Turah itu sendiri, seperti konten home feed, Instagram Story dan juga komentar dari masyarakat dalam bentuk dokumentasi. Analisis teknis dengan reduksi data, tampilan data, dan verifikasi. Triangulasi sumber adalah teknik pemeriksaan keabsahan data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan etika dalam media sosial yang dilanggar oleh @Lambe Turah serta konflik utama yang membuat akun ini viral. Sarannya adalah untuk dapat menjadi pembelajaran bagi para pengelola akun @Lambe_Turah agar tetap konsisten pada kontennya dan dapat mengembangkan lebih besar lagi di industri entertainment, tetap pada jalur etika yang ada di Indonesia dan memiliki perwakilan badan hukum yang legal, agar menghindari kasus hukum di kemudian hari. Peneliti selanjutnya dapat membandingkan pengelolaan akun anonim seperti @Lambe_Turah atau bisa meneliti teori- teori komunikasi lainnya di akun @Lambe_Turah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...