JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN
Vol. 1 No. 4 (2023): Oktober

Pengaruh Customer Relationship Management Dan Brand Image Terhadap Patient Satisfaction Di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang

Putri Rahayu (Universitas Haysim Asy'
ari)

Lilis Sugi Rahayu Ningsih (Universitas Hasyim Asy’ari)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Mebangun customer relationship management dan brand image sebagai upaya peningkatan patient satisfaction. Klinik Pratama Aulia 1 Jombang menerapkan customer relationship management dengan membudayakan sapa dan senyum serta menerapkan brand image yang baik sesuai dengan falsafah perusahaan. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship management dan brand image terhadap patient satisfaction di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang. Penelitian ini berfokus pada pasien rawat jalan di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 125 pasien dengan menggunakan teknik pengambilan nonprobility sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap patient satisfaction di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang (2) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap patient satisfaction di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang (3) customer relationship management dan brand image berpengaruh positif dan simultan terhadap kepuasan pasien di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JISE

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN (JISE) berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada ...