JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 8 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Modul Tema Ekosistem Kelas V Terintegrasi Keterampilan 4C (Critical Thingking and Comunication)

Muhammad Toto Nugroho (Universitas Jambi, Indonesia)
Syahrial Syahrial (Universitas Jambi, Indonesia)
Yantoro Yantoro (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang mampu membekali peserta didik dengan keterampilan yang dibutuhkan di era saat ini. Keterampilan abad 21 yang harus dikuasai adalah keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa modul tema 5 subtema 2 yang valid untuk kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan model pengembangan ADDIE namun hanya sampai tahap pengembangan (Development). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan modul yang telah dikembangkan pada aspek bahasa diperoleh rata-rata 4,48 termasuk kategori sangat layak, aspek media diperoleh rata-rata 4,69 termasuk kategori sangat layak, media aspek diperoleh rata-rata 4, 38 termasuk dalam kategori sangat layak, serta dari aspek praktis praktisi yaitu guru kelas V diperoleh rata-rata 4,59 termasuk dalam kategori sangat layak. Selain itu hasil keterbacaan modul bagi peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...