Masalah dan karakter interpersonal 52% menimbulkan keberagaman dalam kualitas pelayanan keperawatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik karakteristik interpersonal perawat supervisor berdasarkan persepsi supervisee. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat supervesee di rumah sakit. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu seluruh perawat atau supervisee sebanyak 205 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner data demografi, terdiri dari jenis kelamin, umur, pendidikan, pengalaman kerja, jabatan, dan karakteristik interpersonal. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 s/d Juli 2023. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisa univariat. Hasil Penelitian: Dari 205 responden didapatkan hampir seluruhnya responden berjenis kelamin perempuan sebanyak (90,2%), hampir separuhnya berada pada rentang usia 36 – 45 sebanyak (48,8%), lebih dari separuhnya dengan tingkat pendidikan vokasi sebanyak (70,7%), Hampir seluruhnya memiliki pengalaman menjadi supervisor >10 tahun sebanyak (80,9%) dan lebih dari separuhnya memiliki jabatan sebagai kepala ruangan (59,6%). Karakteristik interpersonal responden yang terdiri dari 4 dimensi antara lain supportif, clinical skill, role model, dan good listener. Diketahui bahwa seluruh responden memiliki dimensi supportif, role model dan good listener kurang baik sebanyak (100%) dan hampir seluruhnya memiliki dimensi clinical skill kurang baik (95,6%). Perlu dilakukan program-program untuk meningkatkan karakteristik interpersonal perawat supervisor
Copyrights © 2023