JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 8 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Peran Guru dalam Memaksimalkan Semangat Belajar Peserta Didik pada Implementasi Program Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Boyolali

Putri Widiyaningsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Sabar Narimo (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam memaksimalkan semangat belajar peserta didik pada implementasi program Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Boyolali. Kurikulum Merdeka adalah inisiatif pendidikan yang memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih mata pelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, peran guru menjadi krusial dalam menginspirasi dan memotivasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen terkait implementasi Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam memaksimalkan semangat belajar peserta didik meliputi beberapa aspek. Pertama, guru memiliki peran penting sebagai fasilitator yang membantu peserta didik dalam mengeksplorasi minat dan bakat mereka. Kedua, guru berperan sebagai motivator yang menginspirasi dan mendorong semangat belajar peserta didik. Ketiga, guru juga memiliki peran sebagai pembimbing yang memberikan dukungan dan pengarahan kepada peserta didik. Dalam kesimpulannya, peran guru sangat penting dalam memaksimalkan semangat belajar peserta didik pada implementasi program Kurikulum Merdeka. Guru sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing memiliki tanggung jawab untuk menginspirasi, memotivasi, dan memberikan dukungan kepada peserta didik sehingga mereka dapat mencapai potensi belajar maksimal dalam Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...