JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 9 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Menggunakan Learning Management System (LMS) dalam Blended Learning

Enmufida Enmufida (Universitas Pendidikan Indonesia)
Al Jupri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Kartika Yulianti (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Menggunakan Learning Management System (LMS) dalam Blended Learning Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematika merupakan kemampuan berpikir dalam menarik kesimpulan dan menghasilkan pernyataan pada pemecahan masalah. Dalam kondisi sekarang penggunaan aplikasi LMS sangat dibutuhkan sebagai salah satu solusi dalam blended learning. Dengan adanya aplikasi LMS, proses pembelajaran sangat terbantu dalam mengatasi hambatan siswa dan guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan LMS (Learning Management System) dalam blended learning. Penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan tes dan wawancara dalam pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa di salah satu SMA Negeri di Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa dalam blended learning meningkat dengan menggunakan LMS karena memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami pelajaran matematika karena sudah memuat materi, contoh soal beserta penyelesaiannya dan tugas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...