JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 10 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru TP. 2020/2021

Hermeria Monica (Universitas Riau, Indonesia)
Elmustian Elmustian (Universitas Riau, Indonesia)
Titik Lestari (SMA Negeri 4 pekanbaru, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tingkat kemampuan menganalisis struktur teks anekdot pada siswa tingkat SMA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menganalisis struktur teks anekdot oleh siswa kelas X MIPA 3 dan X IPS 1 SMA Negeri 4 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskripstif. Teknik penelitian menggunakan teknik angket dengan khusus menggunakan metode tes untuk mengumpulkan datanya. Hasil data penelitian memperoleh data, yaitu abstraksi bernilai rata-rata 6,37, orientasi bernilai rata-rata 21,87, krisis bernilai rata-rata 22,18, reaksi bernilai rata-rata 21,25, dan koda bernilai rata-rata 6,93. Berdasarkan data yang telah didapatkan tingkat kemampuan siswa kelas X MIPA 3 dan X IPS 1 SMA Negeri 4 Pekanbaru, yaitu berkategori tinggi dengan memperoleh persentase 83,75% dengan jumlah 67 siswa dan berketgori rendah dengan memperoleh persentase 16,25% dengan jumlah 13 siswa. Kategori tinggi tersebut di dukung dengan rata-rata nilai keseluruhan sampel mencapai 78,06. Rata-rata tersebut melebihi KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Pengujian normalitas data menggunakan uji lilifors dengan hasil data berdistribusi normal, yaitu 0,258 dengan taraf signifikan 5%. Sementara itu, pengujian terhadap hipotesis menggunakan uji t satu sampel, yaitu µ1 = µ2 artinya rata-rata yang diperoleh siswa sama dengan rata-rata yang ditetapkan atau Ho diterima. Kesimpulannya rata-rata 78,06 yang diperoleh oleh sampel sama dengan kkm 75 sehingga berkategori tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...