Ekonomi Islam memberikan arahan pada bidang berbisnis ataupun usaha yang dipenuhi oleh berbagai nilai-nilai ekonomi dan etika. Dalam pelaksanaan kegiatan di Institusi Pendidikan seringkali ditemukan kegagalan dalam pelayanan yang dapat melahirkan komplain dari para Siswa, dan Wali Murid. Komplain dapat terjadi karena adanya ketidakpuasan. Ketidakpuasan tidak selalu diungkapkan dengan menyampaikan keluhan atau komplain secara langsung kepada Institusi Pendidikan yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses penerapan pelayanan prima di SMK Bina Kerja dalam tinjauan Etika Bisnis Islam. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem pelayanan yang dilaksanakan oleh SMK Bina kerja Purwakarta mengedapankan pelayanan kepada murid, orang tua murid, dan tamu undangan. Penerapan pelayanan tersebut meliputi : pelayanan administrasi, pelayanan pembelajaran, pelayanan informasi, pelayanan siswa. Selanjutnya, pelaksanaan pelayanan yang diterapkan oleh SMK Bina Kerja Tersebut dalam tinjauan etika bisnis Islam ditemukan kesamaan dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam diantaranya : a). Prinsip tauhid penerapaannya yaitu praktik ekstrakurikuler rohani islam (Rohis) setiap hari sabtu; b). Prinsip keseimbangan penerapannya adalah pada pelayanan administrasi, dimana semua siswa di perlakukan adil dalam menerima pelayanan baik yang sudah melakukan administrasi maupun yang belum tetapi harus ada koordinasi dari pihak orang tua kepada sekolah; c). Prinsip kebenaran penerapan adalah pada pelayanan informasi, dimana pada saat libur diberikan informasi kepada siswa; d). Prinsip Tanggung Jawab penerapannya adalah pada pelayanan administrasi, dimana ketika ada siswa yang melakukan pembayaran pihak sekolah akan memberikan kwitansi pembayaran sebagai bukti; e). Prinsip Kehendak bebas penerapannya adalah pada pelayanan siswa, dimana siswa dapat memberikan pendapatnya melalui kotak sarannya. Pelayanan prima yang diterapkan oleh SMK Bina Kerja meliputi penerapan 5S yaitu: senyum, sapa, salam, sopan, dan santun serta termasuk pelaksanaan pelayanan kepada tamu meliputi etika penyambutan, etika berbicara, etika pelayanan dan etika berpenampilan.
Copyrights © 2023